Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Kunjungan Kerjasama UMS di BIG

Mencetak sumberdaya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi dan siap bekerja merupakan salah satu tujuan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Terutama dalam bidang geografi,  Dekan Fakultas Geografi UMS, Drs. Priyono M.Si  Priyono mengatakan dalam kunjungannya ke Badan Informasi Geospasial bahwa setiap mahasiswa Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta harus menguasai teknik dasar SIG (Sistem Informasi Geografis) dan penginderaan jauh agar siap ditempatkan dalam berbagai perusahaan di bidang geografi. Untuk itulah, UMS melakukan kunjungan untuk studi banding dan menjalin kerjasama ke Badan Infomasi Geospasial (BIG), karena BIG merupakan instansi yang bekerja dalam bidang pemetaan. Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan informasi terbaru terkait dengan perubahan struktur organisasi dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) ke Badan Informasi Geospasial.
Kunjungan ini diterima pada hari Selasa 25 Pebruari 2013 di Ruang Rapat PPIT oleh Deputi Informasi Geospasial Tematik, Dr. Priyadi Kardono, beserta sejumlah pejabat eselon 3 dan staf. Dalam pertemuan ini Dr. Priyadi menyampaikan berbagai hal terkait dengan kebijakan BIG dalam penyelenggaraan informasi geospasial baik informasi geospasial dasar maupun tematik. Pengembangan sumberdaya manusia (SDM) merupakan bahasan yang hangat selama kunjungan ini. Bapak Sri Daryoko MSc, dari Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial menyampaikan bahwa BIG sedang menyiapkan Program Sertifikasi baik untuk perorangan maupun industri yang bekerja dalam bidang informasi geospasial. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut nantiya pihak industri ataupun perorangan tersebut bisa mengikuti diklat di BIG.
Selain pengembangan SDM, pihak UMS juga berkeinginan menjalin kerjasama yang lebih luas untuk pemanfaatan informasi geospasial, penelitian, bahkan dalam penerbitan jurnal ilmiah. Menanggapi hal tersebut, Ibu Niendyawati selaku Kepala Bidang Kerjasama menyampaikan  bahwa kerjasama tersebut sangat mungkin untuk direalisasikan, sehingga kelak dapat disusun sebuah Nota Kesepahaman (MOU) antara kedua belah pihak (UMS dan BIG), yang akan menjadi payung atas seluruh kegiatan kerjasama. Jika semua pihak sepakat, kelak Sentra peta dapat pula dibangun di UMS untuk mendukung penyediaan informasi geospasial.  Kerjasama dalam penelitian dan penerbitan jurnal ilmiah dapat membantu para peneliti dan dosen  UMS dalam penelitian. Misi dari kedatangan UMS ke BIG juga untuk melanjutkan perjuangan  para pembina geografi di UMS yang telah tiada;  misi tersebut adalah untuk menambah wawasan dekan maupun para dosen pengajar.

Sri Hartini & Rully R