Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Kerjarlah Akhirat Namun Jangan Lupakan Duniamu

Berita Geospasial – Dalam rangka menyemarakan bulan suci ramadhan 1438 H, Badan Informasi Geospasial  (BIG) setiap harinya menyelenggarakan ceramah ramadhan di Masjid Al-Indrisi, BIG. Pada ceramah Ramadhan kali ini (Senin, 5 Juni 2017) diisi oleh Ustadz H. Dr. Hasyim, DEA. Beliau merupakan salah satu dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB). Materi ceramah Ustadz Hasyim kali ini adalah tentang kewajiban bagi para kaum muslimin untuk mengejar akhirat. Dalam ceramah ramadhan ini turut hadir Kepala Badan Informasi Geospasial, Hasanuddin Zainal Abidin.

Sering kali kita mendengar orang-orang berkata “Tidak apa-apa mengejar dunia, tapi jangan lupa ibadah untuk akhirat”. Mungkin banyak diantara kita menganggap hal itu benar adanya. Namun bila kita pikir sejenak, hal itu kurang tepat karena akhirat kita menjadi nomor dua dan kita lebih cenderung untuk mengejar dunia. Padahal Allah telah berfirman dalam Quran Surat Al-Qashash:77 “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”.

Ada 3 kegiatan yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin dalam mengejar akhirat, diantaranya adalah Sholat, Tilawah Al-Qur’an dan Infaq/Sedekah. Pertama adalah Sholat, kita sering kali menunda waktu mengerjakan shalat untuk mengerjakan suatu pekerjaan, padahal shalat merupakan Rukun Islam yang ke-2 dan merupakan kewajiban bagi semua umat Islam untuk melaksanakannya. Mengerjakan shalat akan berdampak pada kehidupan kita di dunia. Shalat akan membuat kita takut untuk melakukan hal-hal yang tidak baik (buruk).

Kegiatan yang kedua adalah tilawah Alquran. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat tepat bagi kita untuk meningkatkan ibadah. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak tilawah. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf”, (H.R. Tirmidzi). Tilawah di bulan ramadhan tentunya memiliki keutamaan tersendiri karena bulan Ramadhan bulan yang mulia.

Kemudian kegiatan yang ke tiga adalah Infaq atau Sedekah. Mukmin sejati adalah mukmin yang dermawan. Rasulullah bersabda “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk” (HR. Al Baihaqi). Bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Allah SWT benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Allah berfirman dalam Quran Surat At-Taubah Ayat 99 ”Dan di antara orang-orang Arab Badui itu ada yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang diinfakkannya (di jalan Allah) sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai jalan untuk (memperoleh) doa Rasul. Ketahuilah, sesungguhnya infak itu suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat (surga)-Nya; sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”.  Demikian ceramah ramadhan yang diselenggarakan DKM Al-Idrisi BIG, semoga dapat memberikan manfaat kebaikan bagi kita bersama, Amin.
(ES/YI)