Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Dalam Rangka Hardiknas, BIG Terima Kunjungan SDN 07 Pabuaran

Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan segala tugas dan fungsinya, senantiasa berusaha untuk mengedukasi masyarakat luas akan pentingnya Informasi Geospasial (IG) atau peta untuk banyak bidang kehidupan. Diantaranya adalah dengan menerima kunjungan dari SDN 07 Pabuaran Cibinong yang datang berkunjung ke BIG pada hari Jumat, tanggal 12 Mei 2017 lalu. Acara kunjungan dari kelas 5 SD ini diinisiasi oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) BIG sebagai peringatan dari Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei.

Di awal pertemuan, hadir memberian sambutan adalah Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPPKS) BIG, Wiwin Ambarwulan. Wiwin menyampaikan kebahagiaannya atas kunjungan dari SDN 07 Pabuaran yang notabene lokasinya dekat dengan kantor BIG. Apalagi di Kelurahan Pabuaran ada 2 perumahan pegawai BIG yakni di Cikaret dan di jalan Kelurahan Pabuaran. “Tentunya, adik-adik ini sudah tidak asing dengan BIG, atau Bakosurtanal sebagai nama lama BIG”, ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua DWP BIG, Eni Nurwadjedi. “Di Cibinong ini ada kantor yang membuat peta, BIG namanya. Dan ini terletak dekat dengan sekolah adik adik. Hari ini akan ada presentasi tentang peta, terutama demo drone sebagai salah satu cara untuk memetakan wilayah. Oleh karena itu, adik-adik harus mengikutinya dengan benar dan perhatikan apa yang disampaikan oleh para pembicara”, ungkap Eni.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang profil BIG oleh Maslahatun Nashiha dari PPPKS BIG dan Reni dari Pusat Pemetaan Integrasi Tematik (PPIT) BIG. Materi disampaikan dibuat sederhana dan menarik untuk kelompok siswa SD. Alhasil, para siswa tertarik dengan materi yang disampaikan. Setelah itu, para siswa menerima penjelasan sekilas tentang drone oleh Romanio Bahama dari PPPKS BIG. Para siswa terlihat sumringah dan tertarik dengan drone. Apalagi ketika drone terbang dan mengambil foto mereka. Berawal dari ketertarikan, semoga diantara mereka ada yang menjadi pakar di bidang IG nantinya. Tentunya untuk membuat negeri ini semakin jaya! (ATM/LR)