Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Diklat APBN Jabfung Surta Tingkat Terampil

 

Cibinong, Berita Geospasial – Salah satu amanah Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial adalah penyebarluasan data dan informasi geospasial dengan cara yang berdaya guna dan berhasil guna kepada masyarakat. Berdasarkan Perpres Nomor 94 Tahun 2011, BIG mempunyai fungsi diantaranya yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang informasi geospasial.

Jabatan Fungsional Surveyor Pemetaan berdasarkan pada Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 1345/KEP/M.PAN/12/2002 isinya mengenai kedudukan Surveyor Pemetaan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang Survei dan Pemetaan (Jabfung Informasi Geospasial) pada instansi pemerintah. Jabatan ini adalah jabatan karier yang hanya dapat diduduki oleh seseorang yang telah berstatus sebagai PNS dan tugas pokoknya melakukan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pengembangan serta pemasyarakatan survey dan pemetaan.

Di dalam jabatan fungsional Surveyor Pemetaan ini dikelompokkan  menjadi 2 tingkatan yakni Surveyor Pemetaan Tingkat Ahli dan Surveyor Pemetaan Tingkat Terampil. Apabila seorang PNS memilih jenjang karir dalam jabatan fungsional Survei dan Pemetaan (Jabfung Informasi Geospasial), wajib untuk mengikuti pendidikan pertama diklat Fungsional Surveyor Pemetaan.

Hari ini, 04 September 2017 bertempat di Balai Diklat Geospasial, BIG telah dilaksanakan pembukaan Diklat Jabatan Fungsional Survei dan Pemetaan (Surta) Tingkat Terampil yang dihadiri oleh Sekretaris Utama BIG, Titik Suparwati, Kepala Balai Diklat Geospasial, Dadang Arifin, dan Kepala Seksi Materi dan Kurikulum, Eka Kurniawan.

Titik Suparwati dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa BIG mempunyai tugas untuk melaksanakan Diklat Jabatan Fungsional Surta (Jabfung Informasi Geospasial). Titik juga menyampaikan himbauan Kepala BIG bahwa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan kemajuan jaman maka seluruh perusahaan rekanan BIG dalam salah satu persyaratannya harus bersertifikat Surta, jika tidak maka tidak diperbolehkan ikut dalam pelaksanaan kegiatan Surta.

Diklat ini dilaksanakan mulai dari tanggal 4 s.d 15 september 2017. BIG berharap dengan diadakannya diklat APBN BIG ini bisa tercipta Fungsional Surta Tingkat Terampil yang handal dan terpercaya sesuai dengan tujuan diklat itu sendiri yakni membekali peserta supaya mampu menjelaskan prinsip Jabatan Fungsional Surta tingkat terrampil dan melaksanakan tata kerja serta etika profesi Surveyor Pemetaan.

Pada diklat ini diikuti oleh 10 (sepuluh) orang peserta dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Bappeda Aceh, dengan rincian sebagai berikut:

No Nama Tanah Laut
1 Rendra Apryanto Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Kab. Indragiri Hulu
2 Wakip Supriono Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN Kab. Banjar
3 Sopian Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN Kab. Bogor
4 Ahmad Farid Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN Kab. Tanah Laut
5 Suryadi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN Kab. Tanah Bumbu
6 Rajumil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN Kab. Kuantan Sengingi
7 Zulkarnaen Eko Susanto Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN Kab. Tulang Bawang
8 Chandra Irani Bappeda Aceh
9 Hermansyah Putra Lubis Bappeda Aceh
10 Ir. Asyariadi S. Bappeda Aceh