Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG partisipasi pada pameran PENAS KTNA 2017 di Banda Aceh

Untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing nasional, maka diperlukan investasi pembangunan. Dukungan ketersediaan data dan informasi fundamental pembangunan termasuk Informasi Geospasial  (IG) mutlak diperlukan dalam rangka meningkatkan nilai kompetitif iklim investasi. IG memegang peranan penting dalam menunjang pembangunan di seluruh Indonesia. Terkait dengan pembangunan, baik pembangunan sektor pertanian, perikanan, kelautan, maupun kehutanan, Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara utama IG Dasar di Indonesia, mendukung terlaksananya pembangunan yang baik dengan menyediakan data dan IG yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itu dalam rangka mendukung Pameran Pekan Nasional (PENAS) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) ke  XV 2017, BIG ikut berpartisipasi dengan menampilkan pameran terkait  IG.

Tema PENAS KTNA XV kali ini adalah “Melalui PENAS Petani Nelayan ke XV 2017 kita Mantapkan Kelembagaan Tani dan Nelayan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan Kedaulatan Pangan menuju Kesejahteraan Petani dan Nelayan Indonesia”. Pameran yang digelar di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya Banda Aceh,  6 - 11 Mei 2017 ini dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 6 Mei 2017 oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. Kegiatan Seremonial pembukaan PENAS KTNA XV 2017 dihadiri oleh lebih dari 38.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Pameran yang digelar di sekitar Komplek Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh ini menampilkan lebih dari 145 peserta pameran yang menampilkan informasi terkait Pertanian dan Perikanan serta Kehutanan. Peserta pameran terdiri dari Pemerintah Daerah seluruh Indonesia (Provinsi/Kabupaten/Kota) dan Kementerian dan Lembaga diantaranya BIG, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, BMKG, BATAN, BPOM, Dewan Sumberdaya Air Nasional, Badan Ketahanan Pangan, BULOG, BUMN dan instansi lainnya. Pada pameran ini BIG menampilkan Infografis tentang Informasi Geospasial Dasar (IGD) Pemetaan Skala Besar termasuk proses atau alur produksi IGD, Infografis berbagi pakai informasi Geospasial Ina-Geoportal, informasi geografis IGT termasuk One Map Penutup Lahan Nasional serta Pemetaan Multi Rawan Bencana Provinsi Aceh. Selain infografis tersebut diatas juga ditampilkan buku-buku terkait informasi geospasial.

Pengunjung pameran selain peserta pameran yang terdiri dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan Swasta serta masyarakat umum. Pengunjung diberikan penjelasan mengenai tugas dan fungsi BIG dan produk-produk BIG serta cara mendapatkan produk BIG. Selain itu pengunjung stand BIG mendapat produk BIG berupa Peta NKRI, Buku dan majalah terkait IG serta produk lainnya. Diharapkan kegiatan pameran ini dapat lebih mengenalkan peran dan produk-produk yang dihasilkan BIG, sehingga lebih banyak pihak yang merasakan manfaatnya. (YI/LR)