Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Gelar Geospatial Week di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pangkalpinang, Berita Geospasial – Untuk menggelorakan pemanfaatan informasi geospasial untuk pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, BIG menggelar GEOSPATIAL WEEK.  Acara yang digelar mulai 24 Juli hingga 28 Juli 2017 ini terlaksana berkat kerja sama antara Badan Informasi Geospasial dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Lokasi pelaksanaan Geospatial Week beragam antara lain di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung, Hotel Novotel Bangka Belitung,

Geospatial Week dimulai dengan koordinasi penyerahan arsip informasi geospasial ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung yang dilakukan pada Senin 24 Juli 2017 dan pada esok harinya arsip informasi geospasial diserahkan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sebagai arsip daerah.  Hal ini diselenggarakan dalam rangka implementasi terhadap Undang-Undang No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial dan Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Hari berikutnya yaitu Selasa, 25 Juli 2017 diselenggarakan Workshop Geospasial dimana di dalamnya dilakukan penyerahan arsip informasi geospasial kepada Dinas Arpus Provinsi Babel.  Workshop Geospasial dengan tema “Pemanfaatan Informasi Geospasial untuk Pembangunan Daerah” Tema ini diangkat, karena pentingnya informasi geospasial untuk pembangunan daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Pada hari yang sama, siang harinya secara parallel dilaksanakan Kuliah Umum di Universitas Bangka Belitung (UBB).

Roadshow Geospasial juga digelar di SMAN I Pangkalpinang pada hari berikutnya yaitu Rabu, 26 Juli 2017. Roadshow yang diselenggarakan secara outdoor ini ditujukan untuk siswa SMA di Pangkalpinang, untuk lebih mengenal informasi geospasial dengan berbagai manfaatnya.  Pada waktu yang sama juga diselenggarakan pameran geospasial sebagai acara bersinergi dengan roadshow.   Berbarengan dengan roadshow pada siang harinya diselenggarakan workshop geospasial untuk Guru MGMP Geografi se-Pangkalpinang.   

Tidak kalah pentingnya dalam dua hari 27-28 Juli 2018 selanjutnya diselenggarakan Forum Data dan Penguatan Simpul Jaringan Informasi Geospasial.  Peserta forum data ini berasal dari OPD Pemprov Kepulauan Bangka Belitung. Dalam dua hari tersebut diharapkan jaringan informasi geospasial di Prov. Babel dapat terbangun dan terhubung dalam Jaringan Informasi Geospasial Nasional.  

Dan sebagai akhir acara Geospatial Week, maka dilakukan juga supervisi pemotretan udara di Tanjung Kelayang Belitung.  Kegiatan ini untuk menyupervisi pemotretan yang sedang berlangsung disana dalam seminggu terakhir.  Pemotretan ini dilakukan untuk akuisisi informasi geospasial skala besar di Pulau Belitung. (TR)