Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Bersama BIG, Mandiri Geospasial, Bersama BIG, Indonesia Jaya!

Cibinong - Berita Geospasial - Sejak pukul 07.30 WIB, tanggal 19 Mei 2017, keluarga besar Badan Informasi Geospasial (BIG) telah ramai berkumpul di Lapangan Olahraga Kantor BIG, Cibinong untuk melakukan salah satu rangkaian Senam Pagi Bersama. Wajah-wajah sumringah para karyawan BIG pun menambah hangat suasana senam pagi yang bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental “Indonesia Mandiri”. Sebelum senam dimulai, pasukan IL yang terdiri dari pasukan Brimob menunjukkan kekompakkan dalam beryel-yel demi menambah semangat senam pagi. Pasukan ini dipimpin oleh salah satu karyawan BIG, Sukarniya yang dilatih khusus oleh pasukan Brimob untuk penampilan yel-yel. Dengan menyerukan slogan “Bersama BIG, Mandiri Geospasial. Bersama BIG, Indonesia Jaya“, tampak kegiatan senam semakin semarak.

Hasanuddin Z. Abidin, selaku Kepala BIG, membuka acara senam pagi itu. Dalam sambutannya, Hasan mengatakan “Kemandirian itu penting karena tanpa kemandirian, kita tidak punya kedaulatan. Itu perlu ditekankan”. Beliau juga mengatakan bahwa yang dimaksud BIG mandiri bukan berarti kerja sendiri dan tidak mau berkolaborasi, sebaliknya BIG justru harus bisa menempatkan diri secara tepat kemandirian dalam bidang Teknologi, Inovasi dan Peran Masyarakat. Tanpa dukungan berbagai pihak BIG tidak bisa berjalan dengan baik.

Setelah menyampaikan sambutannya, Hasanuddin melakukan pelepasan balon bersama Titiek Suparwati, Samsul Hadi, Suwarno Putro, Adi Rusmanto, Dodi Sukmayadi, dan Nurwajedi sebagai simbol perjalanan awal Revolusi Mental dalam kemandirian terknologi menuju kedaulatan Informasi Geospasial yang siap mengangkasa di tanah air Indonesia. Sebagai bukti kemandirian BIG dalam bidang teknologi, pada senam pagi ini juga resmi dilakukan peluncuran Portal Ina-Geoportal berbasis open source, yang di dalamnya sudah terdapat seluruh data Informasi Geospasial Tematik (IGT) dan Informasi Geospasial Dasar (IGD) untuk nantinya bisa di berbagi pakai oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan tarif Rp 0,-. Portal Ina-Geoportal dapat diakses di https://www.tanahair.indonesia.go.id.

Dengan adanya peluncuran resmi Ina-Geoportal, semangat yang kian membara membuat warga BIG sudah siap untuk segera melakukan senam pagi, menggerakan tubuh di bawah sinar matahari pagi. Para karyawan BIG terlihat antusias dan berenergi saat mengikuti gerakan instruktur senam. Turut hadir adalah perwakilan dari Komite Independen Revolusi Mental, Suwarno Putro Negoro yang juga mengikuti Senam Pagi Bersama. Senam pun ditutup dengan sarapan sehat bersama.

Ini adalah kali ketiga, BIG mengadakan sejumlah kegiatan untuk mendukung Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental yang merupakan salah satu program Nawacita pemerintah Presiden RI Joko Widodo. Dua kegiatan sebelumnya dilaksanakan dengan mengambil dua nilai Gerakan Nasional Revolusi Mental, yakni “Indonesia Melayani” oleh Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPPKS) dan “Indonesia Mandiri” oleh Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) BIG. (MSW/KA/LR)