Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Olimpiade Geografi Tingkat SMU dan SMP

Bangsa yang maju adalah bangsa yang paham akan kondisi geografinya. Untuk menanamkan kesadaran mengenai peran penting ilmu geografi dan memasyarakatkan ilmu geografi dalam menangani degradasi lingkungan yang terjadi di sekitar kita, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan kegiatan Olimpiade Geografi Tingkat Nasional tingkat SMA 2013 dan Lomba ketangkasan Geografi Tingkat SMP se-Pulau Jawa.

   

Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai Penyelenggara dan Pembina Informasi Geospasial turut mendukung kegiatan Olimpiade tersebut. Kegiatan Olimpiade Geografi Nasional (Olgenas) ke-8 ini dilaksanakan tanggal 1–3 Februari 2013 di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada dan di Laboratorium Geospasial BIG Parangtritis. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Ilmu geografi dalam penanganan degradasi lingkungan sebagai upaya mewujudkan keseimbangan kehidupan yang berkelanjutan”. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Prof. Suratman.

Rangkaian kegiatan Olgenas ke-8 ini terdiri dari  Olimpiade Geografi tingkat SMA yang diikuti oleh 117 Tim dari seluruh Indonesia. Kegiatan tahunan ini terdiri dari ujian tulis di UGM dan outdoor learning yang diadakan di kawasan Laboratorium Geospasial Pesisir, BIG, Parangtritis Yogyakarta. Selain itu juga Lomba ketangkasan geografi tingkat SMP dan Workshop, seminar Nasional dan eksibisi. Kegiatan seminar Nasional mengambil tema “Peran sains informasi geografi dalam optimalisasi Manajemen Lingkungan dan mitigasi bencana di Indonesia” menghadirkan pembicara dari BIG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM. Pembicara dari BIG, Kepala Bidang Pemetaan Kebencanaan dan Perubahan Iklim, Sumaryono membawakan makalahnya berjudul "Penerapan Sains Informasi Geospasial dalam manajemen lingkungan dan bencana". Pada kegiatan eksibisi diikuti oleh BIG, Pusat Pelayanan Informasi Kebumian, PSBA UGM, Wahana Lingkungan Hidup dan lain-lain.

   

Pada Lomba Olimpiade Geografi tingkat SMA, Juara I  mendapat Piala Kementerian Lingkungan Hidup, diraih oleh SMA 1 Kebumen Jawa Tengah, Juara II Mendapat piala Gubernur DI Yogyakarta diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Serpong, Juara III mendapat piala Rektor UGM, diraih oleh SMA Negeri 1 Ponorogo Jawa Timur. Pada Lomba Ketangkasan Geografi tingkat SMP Juara 1 (Piala Gubernur DI Yogyakarta) diraih oleh SMP Negeri 115 Jakarta, Juara II (Piala Rektor UGM) diperoleh oleh SMP Negeri 1 Wonosari dan Juara III diraih oleh SMP Negeri 1 Sanden Bantul.

Oleh: Yudi Irwanto & Tommy Nautico