Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Perpanjang Perjanjian Kerja Sama dengan BP Batam

Cibinong, Berita Geosapsial – Sehubungan dengan habisnya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Informasi Geosapsial (BIG) dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) tentang “Pemanfaatan Layanan Data Center Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sebagai Pusat Pemulihan Data/Disaster Recovery Center” pada 31 Desember 2016 lalu, BIG kembali memperpanjang Perjanjian Kerja Sama dengan BP Batam. Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani pada hari Selasa, tanggal 28 Februari 2017, bertempat di Ruang Rapat Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPPKS) BIG, Gedung C Lantai 1, Kantor BIG, Cibinong.

Acara penandatanganan PKS ini dari BIG dihadiri oleh Kepala PPPKS BIG, Wiwin Ambarwulan; Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama, Sri Lestari Munajati dan Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Geospasial, Gatot Haryo Pramono. Dari BP Batam hadir Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Yuda Gunadi;  Kepala Bidang Kepala Seksi Pengusahaan Jasa TIK, Yulita Novia dan Kepala Seksi Pengelolaan Data Center, Ronny Ansis.

Kegiatan ini diawali dengan sabutan dari Kepala PPPKS BIG Wiwin Ambarwulan yang mengucapkan terima kasih kepada perwakilan dari BP Batam karena sudah berkenan hadir pada acara ini. Wiwin juga menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka penandatanganan perpanjangan PKS antara BIG dengan BP Batam. Wiwin berharap kerja sama ini memberikan manfaat bagi BIG dan BP Batam.

Menyusul kemudian adalah sambutan dari Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Yuda Gunadi. Yuda menyampaikan ucapan terima kasih kepada BIG yang masih memberikan kepecayaan kepada BP Batam untuk penempatan data. Yuda juga menyampaikan bahwa BP Batam siap membantu BIG dalam penyimpanan data dan pelayanan lainnya. “Kami berharap kerja sama ini bisa ditingkatkan lagi”, tandas Yuda.

Setelah pemberian sambutan dari Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Data Center Ronny Ansis tentang “Sekilas Kegiatan Kerja Sama BIG-BP Batam”. Ronny menjelaskan bahwa kerja sama antara BIG dengan BP Batam diawali dengan penandatanganan Kesepahaman Bersama pada tahun 2014. Ada dua hal yang dikerjasamakan oleh BIG dengan BP Batam yaitu colocation dan pemakaian 2 (dua) unit full rack server. Di dalam server tersebut terdapat alat monitor yang berguna untuk memonitor suhu, pemakaian listrik dan lainnya.

Setelah pemaparan selesai acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan PKS antara BIG dengan BP Batam. Dari BIG, Perjanjian Kerja Sama ini ditandatatangani oleh Wiwin Ambarwulan dan dari BP Batam ditandatangani oleh Yuda Gunadi. Acara ini kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. (ES/LR)