Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG dan Kabupaten Sampang Laksanakan Penandatanganan MoU

Sampang, Berita Geospasial - Informasi Geospasial (IG) memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan nasional, untuk itu dalam rangka percepatan pembangunan di berbagai wilayah di Indonesia, Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara IG di Indonesia terus melakukan pembinaan dan kerjasama dengan berbagai institusi, baik Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Instansi lainnya. Hal tersebut sesuai dengan amanat yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang IG, dimana tugas utama BIG salah satunya adalah sebagai pembina pelaksanaan IG di Indonesia.

Pada hari Kamis, 2 Maret 2017 lalu, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diadakan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) dengan BIG. Kedua instansi sepakat untuk melaksanakan NKB tentang Penyelenggaraan, Pengembangan, Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial serta Pembangunan Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional di Kabupaten Sampang. Tujuan Kesepakatan bersama adalah untuk penyelenggaraan, pengembangan, pemanfaatan data dan informasi geospasial di Kabupaten Sampang. Adapun penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati dan Wakil Bupati Sampang, Fadhilah Budiono.  Penandatanganan disaksikan oleh Ketua DPRD dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sampang.

Selain penandatanganan NKB, dilaksanakan juga penandatangan Perjanjian Kerjasama tentang pengembangan Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) di Kabupaten Sampang. Penandatangan dilakukan oleh Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerjasama (PPPKS) BIG, Wiwin Ambarwulan dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sampang, Tony Moerdiwanto. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tersebut disaksikan langsung oleh Sestama BIG, Titiek Suparwati dan Wakil Bupati Sampang, Fadhilah Budiono. Tujuan Perjanjian Kerja Sama ini adalah untuk mengoptimalkan peran Kedua belah Pihak (BIG dan Kabupaten Sampang) dalam rangka mewujudkan pembangunan, pengembangan Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional di Kabupaten Sampang; Pengukuran Orthoretifikasi Citra Satelit yang dimiliki oleh Kabupaten Sampang serta Pembuatan Dashboard Evaluasi dan Kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Sampang.

Pelaksanaan Penandatanganan Kerjasama tersebut dilakukan disela-sela kegiatan Sosialisasi Pengembangan Simpul Jaringan dan Pemanfaatan informasi geospasial untuk Rencana Detail Tata Ruang Kota dan Peta Desa. Pada Sambutannya, Sestama BIG, Titiek Suparwati mengatakan, data dan informasi menjadi bagian penting dalam Perencanaan Pembangunan. Untuk itu Sestama berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang harus serius dalam menangani data, baik data statistik maupun data spasial. Tanpa data dan informasi kita tidak dapat berbuat banyak dalam melaksanakan berbagai kegiatan”, ungkapnya.

Titiek juga mengapresiasi Kabupaten Sampang yang telah terpilih sebagai Juara 1 Kategori Simpul Jaringan Pemerintah Daerah. Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Sampang, Fadhilah Budiono dalam sambutannya mengatakan, IG berperan penting dalam mendukung perencanaan pembangunan, Fadhilah  menyambut baik Kerjasama BIG-Kabupaten Sampang. Fadhilah berharap agar kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat. Semoga kerja sama ini bisa menjadi jalan untuk membuka pemanfaatan IG yang lebih baik lagi di setiap daerah di Indonesia. (YI/LR)