Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Berbagi Ilmu Kearsipan dengan Vokasi Manajemen Informasi dan Dokumen UI

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Sebagai lembaga penyelenggara utama Informasi Geospasial Dasar (IGD) di Indonesia, BIG menjadi rujukan bagi banyak pihak yang ingin belajar mengenai Informasi Geospasial (IG) dengan lebih mendalam. Secara berkala, BIG menerima kunjungan dari berbagai pemerintah daerah, swasta, serta siswa dan mahasiswa yang ingin belajar tentang IG di BIG. Berbagai sekolah maupun universitas silih berganti berkunjung ke BIG untuk memperdalam pengetahuan tentang IG pada umumnya, maupun tentang peta. Pada kesempatan kali ini (Kamis, 8 Desember 2016) BIG menerima kunjungan dari mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia (UI) yang ingin belajar tentang IG di BIG.

Sebanyak 35 mahasiswa Vokasi Manajemen Informasi dan Dokumen UI diterima oleh Sub Bagian Persuratan dan Kearsipan BIG, yang dalam hal ini diwakili oleh Eti Hermayanti, Kasubag Persuratan dan Kearsipan. Acara yang berlangsung di Aula Utama BIG tersebut berjalan dengan penuh antusias dari para mahasiswa yang berkunjung. Awal paparan materi, Eti terlebih dahulu memaparkan materi pengenalan tentang informasi geospasial dan BIG.

Kemudian, Eti melanjutkan paparannya dengan materi persuratan di BIG. “Meski di BIG memiliki berbagai macam bidang dalam proses pekerjaannya, namun dalam persuratan tidak dapat dibuat dengan berbagai macam format, harus satu format data dengan naskah dinas yang berlaku. Materi kearsipan yang disampaikan Eti pun diterima dengan penuh atensi”, ungkap Eti.

Setelah sesi paparan selesai, para mahasiswa berkunjung ke Sentra Peta BIG di Gedung C Lantai 1 untuk melihat hasil akhir beragam produk yang dihasilkan, terutama peta rupabumi yang dihasilkan BIG. Pada siang harinya mereka berkunjungan ke Bagian Arsip BIG, untuk mendapatkan penjelasan bagaimana proses pengarsipan dan persuratan yang ada di BIG.

Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen, Program Pendidikan Vokasi UI adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya pustakawan dan arsiparis, yang memiliki etika dan integritas profesi, serta siap bekerja dan berkarir di bidang perpustakaan dan kearsipan. Lulusan dari Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen telah menempuh proses pendidikan dan pengajaran yang memberikan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills) dan sikap (attitude) yang dibutuhkan di berbagai lembaga informasi, perpustakaan dan kearsipan. Proses tersebut ditempuh oleh mahasiswa melalui perkuliahan-perkuliahan di kelas, praktik-praktik di laboratorium, dan melalui program magang di berbagai perusahaan/ lembaga informasi, perpustakaan dan kearsipan.

Setiap lulusan memiliki integritas diri dan profesi yang kuat, dan siap bekerja. Lulusan Prodi Manajemen Informasi dan Dokumen juga memiliki sertifikasi profesi setelah menempuh ujian sertifikasi, yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang didukung oleh berbagai Asosiasi Profesi terkait, dan yang sudah bekerjasama dengan Program Pendidikan Vokasi UI.

Diharapkan kunjungan ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa peserta kunjungan tentang IG yang nantinya bisa digunakan untuk mendukung berbagai tugas dan kegiatan yang dilaksanakan ke depannya. (RB/ATM)